AHLO - Advocates & Legal Consultants

Praktisi Hukum: Gugatan Dahlan Dikabulkan, Jaksa Tidak Profesional

November 27, 2020

Jakarta,HanTer - Praktisi Hukum Akbar Hidayatullah menilai dikabulkannya gugatan praperadilan mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara, Dahlan Iskan pada Selasa siang oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, menjadi bukti jika jaksa Kejaksaan Tinggi Jakarta yang menangani perkara kasus dugaan korupsi 21 proyek gardu listrik tidak profesional.
 
"Itulah, bukti bahwa aparat penegak hukum tidak profesional, hanya cari-cari kesalahan, objektivitasnya zero," kata Akbar di Jakarta, Selasa (4/8/2015).
 
Menurutnya, penetapan tersangka Dahlan Iskan yang dianulir PN Jaksel turut menunjukkan bahwa kualitas jaksa belum membuktikan profesionalnya. "Pendapat publik benar selama ini yang menyebut jaksa hanya mencari kesalahan saja dalam menangani kasus," tuturnya.
 
Seharusnya, kata dia, jaksa seyogyanya dapat menggunakan azas oppurtunitas namun tidak pernah dipakai selama ini. "Melalui azas tersebut, jaksa dapat melihat tersangka atau terdakwa apakah memenuhi kriteria untuk dituntut bersalah atau tidak. Jika tidak, jaksa berhak membebaskannya. Namun hal ini tidak terjadi di Indonesia," tegasnya.
 
Tidak diterapkannya azas tersebut dikarenakan adanya dorongan dari perintah atasan untuk tetap melanjutkan perkara tersebut."Kebanyakan jaksa dibawahnya akan ketakutan tidak menuruti perintah atasannya, takut tingkat golongannya dihambat," tandasnya.
 
Sebelumnya, Hakim tunggal Lendrinty Janis dalam keputusannya menyatakan menolak eksepsi termohon (Kejati). Lantaran surat perintah penyidikan (sprindik), proses penyidikan dan penetapan status tersangka tidak sah.
 
"Mengabulkan pemohon (Dahlan Iskan) untuk seluruhnya. Menyatakan sprindik tanggal 5 Juni 2015 adalah tidak sah dan tidak berdasar hukum. Serta menyatakan penyidikan dan penetapan tersangka terhadap diri pemohon tidak sah," kata Lendrinty dalam membacakan amar putusan di PN Jakarta Selatan.
 
"Memerintahkan membatalkan penetapan pemohon sebagai tersangka," sambungnya.


(Tian)

Sumber : HarianTerbit

News & Events

© 2015 Akbar Hidayatullah - Advocates & Legal Consultants.

AHLO Advocates & Legal Consultants
Level 38, Tower A, Kota Kasablanka
Jalan Kasablanka Raya, Kav. 88 Jakarta 12870
Tel: 021- 2279 8841 || Fax: 021- 2279 8841
www.ahlo.co.id