AHLO - Advocates & Legal Consultants

Jaksa Agung Prasetyo Pantas Direshuffle

November 27, 2020

JAKARTA - Perekonomian Indonesia era pemerintahan Presiden Joko Widodo kian lesu. Berbagai kalangan menuding tidak adanya kepastian hukum, menjadi salah satu faktor utama.

Praktisi Hukum Akbar Hidayatullah mengatakan, kepastian hukum menjadi faktor dominan yang memengaruhi iklim investasi. "Jika proses penegakan hukum dilakukan tanpa pandang bulu, niscaya berdampak positif terhadap perbaikan kondisi perekonomian,” kata Akbar di Jakarta, Kamis  (9/7).

Akbar pun kemudian mengkritik penegakan hukum di era pemerintahan Jokowi yang lemah, khususnya penanganan kasus yang ada di kejaksaan. Dia menilai banyak kasus yang keadilannya masih sangat subjektif berdasarkan nilai korupsi dan kolusi. ? "Bukan esensi keadilan sebenarnya, padahal fungsi utama Kejaksaan adalah menegakkan keadilan,” paparnya.

Menurutnya, masih lemahnya penegakan hukum membuat investor ataupun masyarakat dunia usaha mempunyai persepsi negatif untuk berinvestasi di Indonesia. Padahal untuk berinvestasi dibutuhkan rasa aman dan nyaman. “?Karena jika penegakan hukumnya lemah, maka resiko usahanya sangat tinggi sekali," katanya.

Dia menambahkan, investor jelas masih takut menanamkan uang di negara ini. Bahkan, tegasnya, mereka pun takut dikriminalisasi.

“Contoh saja kasus IM2 yang diduga adanya kriminalisasi, padahal saham Indosat paling dominan dimiliki Asing. Begitu juga dengan kasus Chevron yang menurut saya banyak kejanggalan dalam penanganan hukumnya. Seperti dijadikan komoditas aparat penegak hukum untuk kepentingan tertentu,” sambung dia.

Lebih lanjut dia menegaskan, sejak dilantik, Jaksa Agung Prasetyo tidak membawa perubahan dan justru ada kemunduran. “Buktinya kan dapat rapor merah dari Kemenpan RB,” ungkap Akbar.

Karenanya, ia berharap perlunya menanamkan kembali bahwa penegak hukum harus melaksanakan fungsi esensinya. "Reshuffle di institusi penegak hukum juga diperlukan, khususnya Jaksa Agung yang saat ini,” tandasnya.

Sumber : JPNN.com

News & Events

© 2015 Akbar Hidayatullah - Advocates & Legal Consultants.

AHLO Advocates & Legal Consultants
Level 38, Tower A, Kota Kasablanka
Jalan Kasablanka Raya, Kav. 88 Jakarta 12870
Tel: 021- 2279 8841 || Fax: 021- 2279 8841
www.ahlo.co.id